Wednesday 4 June 2014

Tips Mendapatkan Model Foto Gratis





Bagi pemula di dunia potret memotret (fotografi). Bisa memotret model apalagi cewek bagi kaum adam merupakan salah satu daya tarik dan salah satu alasan terjun ke dunia fotografi. Beberapa diantaranya mungkin punya alasan untuk membuat portfolio sampel foto model. Karena dengan bisa memotret model dengan hasil foto yang baik nantinya bisa menjadi bahan untuk mengajak orang lain menggunakan jasa kita sebagai fotografer.

Baik fotografer maupun model kebanyakan sama-sama memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan income dari profesinya. Saya kategorikan menjadi 2 kategori disini yaitu Fotografer Profesi vs Model Profesi dan Fotografer Hobby dan Model Hobby.

Nah, bagi fotografer profesi yang sudah professional tentunya jarang berkeinginan memotret model tanpa bayaran dengan alasan sibuk, jam terbang banyak, dan lain sebagainya. Karena bagi fotografer profesi, ia bisa saja menjadikan klien sebagai portfolio model dan mungkin sudah bosan juga memotret model. Hehe.

Bagi yang baru saja terjun ke dunia fotografi, ingin naik kelas ke dalam fotografer profesi tentunya memerlukan beberapa sample foto model, entah itu model personal (perorangan), couple (pasangan), wedding (pernikahan) yang mana nantinya bisa dijadikan portfolio untuk menawarkan jasa fotografi.

Lalu bagaimana cara mendapatkan model foto gratis, sedangkan kita semua tau untuk menjalani profesi umumnya ada tarif/ harga yang mesti dibayarkan. Model apalagi cewek bahkan berani mengeluarkan tarif jika kita ingin memotretnya, walaupun ia baru beberapa kali di foto atau mungkin belum pernah sama sekali.

Cara mendapatkan model foto gratis tentunya memerlukan beberapa trik dan sedikit tata bahasa yang baik saat meminta seseorang menjadi sample foto model kita. Caranya sebagai berikut :
  1. Fotografer profesi tentunya memiliki tanggung jawab untuk bisa memuaskan klien dengan hasil foto yang bagus dan sesuai kebutuhan klien. Buat calon model anda mengerti bahwa untuk menghasilkan foto yang bagus, kerjasama kedua belah pihak perlu dilakukan.
  2. Fotografer profesi memiliki tarif, itu karena mereka menggunakan alat dan keahlian untuk membuat foto yang bagus. Ada harga untuk bisa menggunakannya. Buat calon model anda mengerti.
  3. Anda harus bisa menjelaskan bahwa setiap file yang dihasilkan oleh kamera anda, bisa saja memiliki harga jika ia datang ke Studio Foto untuk melakukan sesi pemotretan.
  4. Bicarakan dengan calon model anda untuk bekerjasama membuat foto yang bagus, yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Keuntungan bagi si fotografer, dan keuntungan bagi si model nantinya.
  5. Keuntungan bagi kedua belah pihak yang saya bicarakan disini adalah keduanya nanti memiliki file foto yang bisa sama-sama digunakan untuk bahan portfolio. Fotografer memiliki sampel foto model, dan si Model mempunyai file foto dari Fotografer, dengan catatan si Fotografer harus bisa bertanggung jawab menghasilkan foto yang bagus dan sesuai harapan bersama.
Jadi intinya, untuk mendapatkan Foto Model Gratis, caranya adalah dengan mengajak calon foto Model dengan menawarkan tukar File. Yang mana keduanya sama-sama mendapatkan file foto. Untuk si Model, file foto tersebuat bisa ia jadikan bahan untuk bisa naik kelas jika ingin beranjak menjadi Foto Model Profesi (Profesional). Adapun tidak, ia bisa menyimpan, atau mencetaknya dilain waktu sebagai kenang-kenangan masa muda yang mungkin tidak akan terulang lagi dengan mendapatkannya gratis dari Fotografer.

Sebenarnya, diluar daripada apa yang saya sebutkan di atas, untuk bisa mendapatkan Foto Model Gratis, cara lainnya bisa anda ikuti melalui Forum Atau Komunitas Fotograrfi Online yang kadang mengadakan acara hunting Foto Model Gratis yang bisa anda ikuti. Tapi akan berbeda rasanya jika kita mampu menaklukan Model sendiri tanpa melalui komunitas fotografi Online, jadi tidak akan berebut angle saat memotret dan tidak akan ada foto yang serupa yang fotografer lain punya.

Oke, sekian saja tips yang saya bagikan untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
Salam,


Share Yuk!

0 komentar: