Saturday 24 May 2014

37 Website Fotografi yang Sebaiknya Fotografer Tahu





Informasi tentang fotografi yang bisa kita temukan di Internet menalui situ-situs Web (Website) tidak akan pernah habis memberikan informasi dan pengetahuan untuk kita para penikmat foto, ataupun sebagai pelaku (fotografer) yang haus akan pengetahuan-pengetahuan tentang Fotografi. Dari banyaknya hal-hal menakjubkan yang ditampilkan di Internet, saya mencoba merangkum beberapa situs (Website) yang sebaiknya diketahui para Fotografer guna menambah pengetahuan dan keterampilan yang bisa menjadi jalan pengembangan diri. Ada 37 website yang sebaiknya fotografer tahu, dan ke-37 Website tersebut saya bagi ke dalam 5 kategori diantaranya :

Photography Tutorial
Pembelajaran Fotografi

DIY Photography - Blog keren yang memberikan panduan fotografi dengan eksperimen-eksperimen yang juga memberikan panduan pengaturan pencahayaan yang dibuat oleh Udi Tirosh. Beberapa diantaranya dibagikan atas eksperimen yang telah dibuat sendiri.

Photo Naturalist - Jika anda seorang fotografer Outdoor, anda mungkin sudah mengetahui Website ini. Didalamnya terdapat panduan dan pembelajaran penting Fotografi Outdoor serta beberapa eBook yang sangat berguna.

Strobist - Mencari tempat belajar tentang pengaturan pencahayaan buatan? Website ini layak untuk anda kunjungi.

Fro Knows Photo - Website ini menampilkan beberapa pembelajaran yang disajikan melalui Video, dan beberapa hal penting yang sebaiknya anda kunjungi.

The Photo Argus - Test Jika anda mencari beberapa tutorial fotografi yang sangat keren, website ini salah satunya. Ditulis oleh Christopher O'Donell dan dibagikan untuk kita semua.

Digital Photography School - Didalamnya terdapat informasi fotografi harian. Sangat layak untuk dikunjungi setiap hari. Ditulis oleh Darren Rowse. Menyajikan berita juga terdapat forum di dalamnya.

Cambridge in Colour - Website ini adalah salah satu situs yang paling komprehensif dan berguna untuk belajar fotografi di internet yang harus di bookmark setiap fotografer.

Picture Correct - Blog tutorial besar yang sebaiknya anda ikuti melalui Feed berlangganan via eMail.

Tuts Plus - Pembelajaran melalui visualisasi dan video yang ada di Website ini akan memberikan anda kemampuan serta pengetahuan fotografi yang lebih.

Improve Photography - Blog yang dibuat oleh Jim Harmer, memberikan anda tutorial berkala yang juga sebaiknya anda Bookmark.

Camera Dojo - Anda telah memiliki dan membaca banyak tutorial tentang fotografi. Dapatkan sabuk hitamnya disini.

Photography Blogger - Terdapat banyak tutorial fotografi dan panduan yang dijelaskan secara konsisten di Website ini.

Photography News
Berita Fotografi

Petapixel - Berita fotografi terbaru setiap saat. Jika anda tidak ingin ketinggalan berita tentang fotografi, kunjungi website ini. Disini anda akan mendapatkan berita tentang fotografi terbaru setiap saat yang di Update selama 24 jam.

This Week in Photo - Sama seperti judulnya, minggu ini dalam foto. Bagi anda yang memiliki Blog sendiri, sepertinya anda harus berlangganan melalui RSS Reader halaman ini.

Small Aperture - Sebuah blog yang di Update secara berkala dimana semua hal yang berhubungan dengan fotografi akan dibahas disini.

Current Photographer - Trevor, fotografer yang satu ini selalu mengupdate segala sesuatu yang ia temui dalam fotografi melalui web ini.

Photo Competitions - Ingin mengikuti lomba/ kompetisi fotografi? Ingin tahu mana saja yang sedang aktif dan sedang diadakan? Kunjungi wesite ini!

The Business of Photography
Bisnis Fotografi

Photopreneur - Didalamnya terdapat orang-orang yang menulis artikel tentang fotografi, membuat buku, dan menjualnya di Amazon.

Chase Jarvis - Banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata dan hanya bisa disajikan melalui sebuah foto. Penasaran? Chase Jarvis menjelaskannya melalui blog ini.

Virtual Photo Studio - Beberapa saran mendasar bagi para fotografer yang haus akan ilmu pengetahuan di dunia foto bisa anda dapatkan disini.

Photo Attorney - Tempat dimana anda akan menemukan jawaban bagaimana mengatur dan mengurus perizinan fotografi.

Production Stills - Bisnis fotografi yang berhubungan dengan televisi dan menciptakan seni dijelaskan fotografer Australia Angus Young di blog ini.

New Media Photographer - Menjelaskan media apa saja yang dibutuhkan fotografer.

Photo Creative 365 - Sebuah blog yang berisikan tentang ide-ide bisnis fotografi yang layak anda ikuti.

Photoshelter Blog - Orang-orang didalamnya membuat perangkat lunak untuk fotografi dan menyajikan informasi yang bermanfaat di blog ini.

Photograper and Writers
Fotografer dan Penulis

Aloha Lavina - Aloha is a commercial and travel photographer based out of Bangkok. She also leads photography workshops there and writes regularly on improving your photography skills.

Christopher O’Donnel - Christopher is a landscape photographer based in Maine. Check out his amazing work.

Mike Panic - Mike is a commercial photographer who has been with us from the very beginning!

Tom Dinning - Tom is a recent addition to our community and spent his career as a professional photographer and photography teacher. These days he is contributing more and more stories to Light Stalking.

Emma Brabrook - Emma is a professional photographer based in Wales. Her esoteric photography blog is well worth a read if you’re into experimenting!

Chase Guttman - Chase is an award winning travel photographer based in New York city. He writes a handy blog with photography tutorials.

Photography Collections
Koleksi Fotografi

Toad Hollow - The Toad is obsessed with recording disappearing history in his area. This is one of the real strengths of photography and we love that he is invested in the true spirit of photography.

Dominic Boudreault - Worthwhile simply for his amazing time lapse that he made!

Drecart - Some very cool photos (and accompanying blog) out of the beautiful Gold Coast in Australia

Jason Smith Photography - Jason concentrates on outdoor youth culture like skating and surfing… and does it damn well.

North Metro Photo - A daily photo journal around the Twin Cities metro area, Minnesota and beyond

Oke, semoga apa yang saya bagikan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam,
Yura Hyde Tetsu
Sumber : http://www.lightstalking.com/photography-websites

Share Yuk!

0 komentar: